Kontak kami

SMA Negeri 1 Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Jl. Ki Hajar Dewantara No. 18

Kota Tarakan 77112

Email: smanegeri1.trk@gmail.com

website : www.sman1-tarakan.sch.id

Telepon/Fax (0551) 21217/34082

 

Kalender Pendidikan

 

 

 

Indonesia telah merdeka sejak 17 Agustus 1945. Sejak saat itulah Sang Saka Bendera Merah Putih berkibar. Setiap tahunnya, Indonesia merayakan hari kemerdekaan tersebut sebagai tanda memeriahkan kemenangan Kemerdekaan Indonesia.

Di Istana Presiden, setiap tahunnya yang melakukan pengibaran adalah para paskibraka dari masing-masing perwakilan seluruh daerah di Indonesia. Pada 2019, para Calon Paskibraka di seluruh Indonesia melakukan seleksi. SMA Negeri 1 Tarakan juga memiliki para Calon Paskibraka yang mengikuti seleksi. Ada salah satu gadis cantik asal sekolah kita yang mengikuti seleksi hingga masuk ke Nasional dan ikut menjadi Pasukan 17, tepatnya dibelakang penjuru kiri barisan kedua, di Istana Presiden.

“Awal mulanya aku mau ikut paskib itu emang kemauan sendiri,” pernyataan Cut Putri Widya saat diwawancarai. Ia berkata bahwa memiliki tinggi badan 170,5 cm yang jarang dimiliki oleh banyak orang dan di paskib itu lebih diutamakan tinggi badannya. Jadi lebih baik dimanfaatkan.

“Ternyata paskib di SMP dan di SMA itu beda. Pas sudah SMA ternyata ada latihan fisik segala macam gitukan. Pas pertama kali latihan minggu pertama minggu kedua itu ya kayak gitulah. Badan pegel-pegel, lutut lecet, terus perut keram. Tapi ya sudah resikonya sih,” katanya. Mendekati seleksi paskibra, Putri awalnya merasa pesimis dan tidak yakin. Karena menurutnya, saingannya sangat banyak, bahkan yang memiliki fisik lebih dari Putri sangat banyak. Namun, Putri selalu berusaha dan terus belajar memahami semua materi dan selalu berlatih. Hingga akhirnya dia berhasil lolos seleksi hingga ke Nasional.

Cut Putri Widya Utami

Kesan awal seorang Putri saat memasuki Istana Merdeka, tempat dimana mereka ditugaskan, ia merasa agak berat saat bertugas disana. Berat yang dimaksud adalah berat dalam menyesuaikan langkah kaki. Karena di Istana Merdeka, medannya dari rumput yang tinggi sehingga suara hentakkan kaki yang tidak terdengar dan sulit untuk menyamakannya. Namun, karena posisi Putri yang sangat nampak sekali, ia berusaha semaksimal mungkin agar gerakannya dengan yang lain tetap sinkron.

Pada saat pengibaran telah selesai, seluruh Pasukan diarahkan ke Wisma Negara dan masuk ke sebuah ruangan. “Sampai sana, kami semua sudah tahan nangis harus. Seketika langsung pecah nangis semua tanpa terkecuali. Malah lebih parah lagi yang cowok-cowoknya sampai baju PDU itu kotor kena bedak karena pelukan.” “Ya rasanya itu haru, bahagia, ya gak bisa didefinisikan,” ucap Putri hingga terbata.

“Pesan buat adik-adik, kalau mau jadi Paskibraka, kuncinya satu yaitu komitmen. Kalau sudah punya komitmen yah, itu in shaa allah akan tercapai.” Semakin seringnya kamu berusaha, semakin kuatnya kamu menghadapi segala cobaan, dan selalu berfikiran positif dan optimis, apapun yang kalian inginkan, pasti akan tercapaikan. Jangan pernah berhenti mencoba dan terus berusaha. Semangat untuk mencapai cita-citanya.

Cr Biro Pers Sekretariat Negara

 

Audya SMANSA

INFO-INFO

Bapak Ibu Guru Yth, diberitahukan bahwa Jumat minggu ini adalah jumat berkah, diharapkan kpd kita semua untuk mengikuti tsb sesuai dengan keyakinannya masing masing, dan dimohon kepada guru guru agama untuk mengkoordinir kegiatan tersebut. Terima kasih

Kalender

Calendar Widget by CalendarLabs

Pengunjung